Sarjana Informatika .
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mulia - Kampus Utama Balikpapan .
Mengapa Saya Harus Memilih Universitas Mulia ?
Kami dedikasikan ilmu pengetahuan untuk mahasiswa-mahasiswa kami.
Akreditasi
Informatika Terakreditasi "Baik Sekali"
Kurikulum
Informasi Mata Kuliah yang akan dipelajari
Menunggu Data diperbaharui
Fakta
Lokasi :
Kampus Utama Balikpapan
Titel :
S.Kom.
Durasi 8 Semester atau 4 Tahun
Rata-rata dana perkuliahan Rp 6 Juta
Dimulai September 2021
Kontak
Klik Untuk Menghubungi Melalui Whatsapps
Biaya Kuliah
Informasi Detail Pembiayan Kuliah Per-Semester
Lembaran Fakta Sarjana Informatika
Informasi Umum
- Lulusan : Sarjana Komputer (S.Kom)
- Durasi : 8 Semester atau 4 Tahun
- Mulai Belajar : September 2024
- Lokasi : Kampus Utama Balikpapan
- Bahasa : Bahasa Indonesia
- Syarat Penerimaan : Lulusan SMA Sederajat
- Biaya : Rata-rata dana perkuliahan Rp 6 Juta
- Kontak : 0811 590 950
Metode Perkuliahan
- DI RUANG KELAS
- PRAKTEK
- SMALL GROUP DISCUSSION
- CONTEXTUAL INSTRUCTION
- CASE STUDY
- PROJECT BASED LEARNING
Sertifikasi Kelulusan
- BNSP
- ORACLE ACADEMY DATABASE FOUNDATIONS
- ORACLE ACADEMY JAVA FOUNDATIONS
- MICROSOFT
Prospek Karir
KONSENTRASI: ROBOTICS AND ARTIFICIAL INTELLIGENCE
PADA KONSENTRASI INIANDA AKAN BELAJAR UNTUK MELAKUKAN ANALISIS, MERANCANG DAN MENGEMBANGKAN APLIKASI ATAU PERANGKAT KERASDI BIDANG ROBOTIKADAN KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) SECARA MENDALAM, SEPERTI MELAKUKAN IDENTIFIKASI OBJEK DARI GAMBAR DAN VIDEO, MELAKUKAN PERAMALAN DAN MEMBANTU PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN, MEMBANGUN APLIKASI YANG DAPAT MELAKUKAN DIAGNOSIS DAN MEMBANTU KERJA PAKAR, MEMBUAT DAN MENGEMBANGKAN PERANGKAT KERAS ROBOTIK DENGAN BERBAGAI METODE KECERDASAN BUATAN, DAN LAIN SEBAGAINYA. SELAIN ITU ANDA JUGA AKAN MENDAPATKAN PEMBELAJARAN KOMUNIKASI DAN KEWIRAUSAHAAN YANG BAIK SEHINGGA DIHARAPKAN LULUSAN TIDAK HANYA MAMPU MENJADI PEMENUH KEBUTUHAN AHLI TI PERUSAHAAN DAN RESEARCHER(PENELITI) NAMUN JUGA DAPAT MENJADI LULUSAN YANG MEMILIKI JIWA KEMANDIRIAN WIRAUSAHA (TECHNOPRENEURSHIP).
- COMPUTER VISION ENGINEER
- MACHINE LEARNING ENGINEER
- DATA SCIENTIST
- BIGDATA ENGINEER
- ROBOTIC ENGINEER
- IT RESEARCHER
- AKADEMISI
- TECHNOPRENEURSHIP
KONSENTRASI: MOBILE APPLICATION DEVELOPMENT
PADA KONSENTRASI INI ANDA AKAN DIARAHKAN UNTUK DAPAT MEMAHAMI DAN MENGUASAI KONSEP PENGEMBANGAN APLIKASI PERANGKAT BERGERAK (MOBILEAPPLICATION) PADA PLATFORM TERTENTU YANG MELIPUTI TAHAPAN ANALISIS, PERANCANGAN, DESAIN ANTAR MUKA, DESAIN PENGALAMAN PENGGUNA, DESAIN INTERAKSI PENGGUNA DAN IMPLEMENTASI SERTA MAMPU MENGGUNAKAN TEKNIK DAN PERANGKAT PEMROGRAMAN DALAM PENGEMBANGAN MOBILE APPLICATION. ANDA JUGA AKAN DIARAHKAN AGAR DAPATMEMAHAMI KONSEP PEMROGRAMAN BAIK TERSTRUKTUR MAUPUN BERBASIS OBJEK DAN MAMPU MENERAPKANNYA BERSAMA-SAMA DENGAN KONSEP STRUKTUR DATA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN DI DUNIA NYATA.SELAIN ITU ANDA JUGA AKAN MENDAPATKAN PEMBELAJARAN KOMUNIKASI DAN KEWIRAUSAHAAN YANG BAIK SEHINGGA DIHARAPKAN LULUSAN TIDAK HANYA MEMPU MENJADI PEMENUH KEBUTUHAN AHLI TI PERUSAHAAN DAN RESEARCHER(PENELITI) NAMUN JUGA DAPAT MENJADI LULUSAN YANG MEMILIKI JIWA KEMANDIRIAN WIRAUSAHA (TECHNOPRENEURSHIP).
- ANDROID DEVELOPER
- IOS DEVELOPER
- MOBILE APPLICATION SPECIALIST
- MOBILE APPLICATION DESIGNER
- MOBILE SOFTWARE ENGINEER
- IT RESEARCHER
- AKADEMISI
- TECHNOPRENEURSHIP
Kurikulum
NAMA MATA KULIAH | SKS | KET |
---|---|---|
Bahasa Indonesia | 2 | |
Pancasila | 2 | |
Pendidikan Agama | 2 | |
Teknologi Informasi | 3 | |
Algoritme dan Pemrograman | 3 | |
Bahasa Inggris | 3 | |
Logika Informatika | 3 | |
Matematika I | 2 | |
Perangkat Lunak Aplikasi | 3 | |
23 |
NAMA MATA KULIAH | SKS | KET |
---|---|---|
Bahasa Inggris Bisnis | 3 | |
Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | |
Aljabar Linier dan Matriks | 2 | |
Komunikasi Data | 3 | |
Matematika II | 2 | |
Pemrograman Visual | 3 | |
Perangkat Keras Komputer | 3 | |
Sistem Digital | 3 | |
Struktur Data | 3 | |
24 |
NAMA MATA KULIAH | SKS | KET |
---|---|---|
Pendidikan Anti Korupsi | 2 | |
Wirausaha Berbasis Teknologi | 4 | |
Jaringan Komputer | 3 | |
Pemrograman Web | 3 | |
Sistem Basis Data | 3 | |
Sistem Operasi | 3 | |
Etika Profesi | 2 | |
Interaksi Manusia dan Komputer | 3 | |
23 |
NAMA MATA KULIAH | SKS | KET |
---|---|---|
Komunikasi Publik | 2 | |
Statistika dan Probabilitas | 3 | |
Arsitektur dan Organisasi Komputer | 3 | |
Grafika Komputer | 3 | |
Metode Numerik | 2 | |
Rekayasa Perangkat Lunak | 3 | |
Kecerdasan Buatan | 3 | AI & Robotics |
Mikrokontroller | 3 | AI & Robotics |
Pemrograman Java | 3 | Mobile Apps Dev |
Sistem Multimedia | 3 | Mobile Apps Dev |
22 |
NAMA MATA KULIAH | SKS | KET |
---|---|---|
Penulisan dan Publikasi Ilmiah | 2 | |
Analisa Desain Berorientasi Objek | 3 | |
Kriptografi | 3 | AI & Robotics |
Penalaran Komputer | 3 | AI & Robotics |
Robotika | 3 | AI & Robotics |
Simulasi dan Game Komputer | 3 | AI & Robotics |
Jaringan Nirkabel | 3 | Mobile Apps Dev |
Pemrograman Aplikasi Bergerak | 3 | Mobile Apps Dev |
Sistem Manajemen Basis Data | 3 | Mobile Apps Dev |
Teknologi Aplikasi Bergerak | 3 | Mobile Apps Dev |
Inteligensi Bisnis | 3 | Transdisipliner |
Konsep Hidup Cerdas Sehat | 2 | Transdisipliner |
Komputer Forensik | 3 | Transdisipliner |
Fotografi | 3 | Transdisipliner |
20-23 |
NAMA MATA KULIAH | SKS | KET |
---|---|---|
Metodologi Penelitian | 3 | |
Jaringan Syaraf Tiruan | 3 | AI & Robotics |
Logika Fuzzy | 3 | AI & Robotics |
Pengolahan Citra Digital | 3 | AI & Robotics |
Sistem Pakar | 3 | AI & Robotics |
Sistem Pendukung Keputusan | 3 | AI & Robotics |
Internet of Things | 3 | Mobile Apps Dev |
Komputasi Awan | 3 | Mobile Apps Dev |
Pemrograman Aplikasi Bergerak Lanjut | 3 | Mobile Apps Dev |
Pemrograman Framework | 3 | Mobile Apps Dev |
Rekayasa Aplikasi Bergerak | 3 | Mobile Apps Dev |
Kejahatan Siber | 3 | Transdisipliner |
Perencanaan dan Pengembangan Bisnis | 2 | Transdisipliner |
Manajemen Strategik | 3 | Transdisipliner |
E marketing | 3 | Transdisipliner |
21-24 |
NAMA MATA KULIAH | SKS | KET |
---|---|---|
Kuliah Kerja Nyata | 4 | |
Kuliah Kerja Praktik | 4 | |
8 |
NAMA MATA KULIAH | SKS | KET |
---|---|---|
Skripsi | 6 | |
6 |